Faktor-faktor yang Menyebabkan File Corrupt dan Cara Menghilangkannya

File yang rusak atau rusak pasti akan mengganggu tugas yang ingin Anda selesaikan, jadi Anda harus tahu cara mengatasi file yang rusak agar Anda dapat mengaksesnya kembali. Terutama jika file yang rusak tersebut diperlukan untuk tugas kerja atau kuliahan, ada banyak cara untuk menyelesaikan masalah ini.

Penyebab File Corrupt: Sebelum mengetahui cara mengatasi file rusak, pengguna harus tahu apa yang menyebabkan kerusakan agar mereka dapat memprediksi jika hal serupa akan terjadi di masa mendatang. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan file rusak:

  1. File yang rusak dapat terjadi karena aplikasi atau software yang salah saat Anda membuat atau menyimpan file; ini dapat terjadi selama proses penyimpanan file di memori internal atau eksternal komputer.

Beberapa file menunjukkan notifikasi kesalahan dan meminta pengguna mencoba lagi, tetapi file lain tidak. Akibatnya, ketika file tersebut dibuka, pengguna baru menyadari bahwa file tersebut rusak.

  1. Kegagalan komputer: Komputer yang belum mati sepenuhnya merupakan penyebab berikutnya. Sebagai contoh, komputer tiba-tiba mati karena crash ketika saya sedang mengetik di Word dan laporan belum selesai. Ketika file dibuka kembali, ini merusaknya.
  2. Ada Masalah dengan Hard Disk: Kesalahan sistem dapat menyebabkan file rusak, meskipun hard disk tampaknya utuh. Masalah kecil seperti cluster yang hilang atau file yang terhubung satu sama lain dapat menyebabkan masalah pada file komputer. Ini mungkin virus atau malware.

Cara Mengatasi File Corrupt: Kami telah menjelaskan beberapa alasan yang dapat menyebabkan file menjadi rusak. Namun, berita baiknya adalah bahwa file yang rusak masih dapat diperbaiki. Ada banyak fitur komputer atau laptop yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini adalah beberapa saran:

  1. Menggunakan Command Prompt: Cara pertama adalah menggunakan fitur Command Prompt di laptop atau PC. Langkah-langkahnya cukup mudah karena hanya perlu memasukkan perintah melalui jendela Command Prompt. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

Cari “Perintah Prompt” di jendela pencarian setelah menekan tombol “Start”. Setelah menemukan “Perintah Prompt”, klik kanan dan pilih “Run as administrator”. Setelah halaman Perintah Prompt terbuka, ketikkan “sfc/scannow” dan klik “Enter”.


Sistem akan segera memindai file yang rusak. Jangan tutup halaman Command Prompt saat ini sampai perbaikan selesai.


Setelah proses selesai, muncul tulisan “Windows menemukan file yang rusakā€¦” 2. Menggunakan Windows PowerShell: Program Windows PowerShell juga dapat digunakan untuk menangani file yang rusak. Untuk mengatasi file yang rusak, klik “Start”, tahan tombol “Shift”, pilih “Troubleshoot” dan “Startup settings”. Tekan “Restart”, lalu tekan tombol F yang sesuai dengan Safe Mode. Setelah kembali ke Safe Mode, buka kembali Prompt Command dan masukkan ulang perintah sfc/scannow. Aplikasi ini dapat ditemukan melalui fitur pencarian di menu “Start”.

Cari “Windows PowerShell” di kolom pencarian komputer atau laptop Anda.


Setelah Anda masuk ke halaman tersebut, ketik perintah chkdsk c:/r untuk mengetahui bad sector mana yang menyebabkan file mengalami kerusakan. Kemudian, ketik perintah chkdsk c:/f untuk memperbaiki file yang mengalami masalah. Perintah c: juga dapat digantikan dengan perintah f: atau d:, tergantung pada lokasi penyimpanan file yang rusak.

  1. Menggunakan Program Lain untuk Membuka File Rusak: Ada banyak program yang dapat digunakan untuk membuka file yang telah rusak sebelumnya. Sebagai contoh, Anda ingin membuka PDF yang rusak yang tidak dapat dibaca oleh PDF Reader. Klik kanan file dan pilih opsi “Buka dengan”. Setelah itu, mereka dapat memilih berbagai aplikasi untuk digunakan, seperti browser.
  2. Mengubah Format File: Ini adalah metode tambahan untuk memperbaiki file yang rusak. Misalnya, Anda dapat mengubah file PDF menjadi format.docs, yang dapat dilihat kembali. Untuk mengubah format file ke format lain, pengguna dapat menggunakan converter online yang ada di browser mereka.
  3. Melakukan Pemeriksaan Disk Secara Manual: Perlu diingat bahwa pengguna Windows 10 dapat menggunakan metode untuk memperbaiki file yang rusak ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Cari “This PC” di menu Explorer laptop. Klik kanan pada menu, lalu pilih “Properties”. Tekan “Check”, “Scan Drive”, dan “Start”. Pengujian disk akan dimulai dengan perintah ini. Program akan menemukan file yang rusak. Kemudian, program akan memberi Anda instruksi untuk memperbaiki kerusakan file. Setelah itu, restart laptop atau PC Anda dan coba buka file yang rusak. Fakta bahwa file dibuka dengan sukses menunjukkan bahwa proses ini berhasil.


Ini mencakup informasi tentang alasan file rusak dan cara memperbaikinya agar dapat diakses segera. Tidak perlu khawatir tentang file yang rusak saat genting. Ada banyak pilihan untuk meningkatkannya. Pelanggan dapat mencoba berbagai pilihan di atas sampai mereka menemukan yang paling cocok untuk mereka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *